Kantong Kertas

Kantong Kertas

Kantong Kertas terdiri dari 2 kata yaitu kantong dan kertas dimana kantong dari bahasa Indonesia yang artinya 1. Pundi-pundi, 2. Saku (biasanya terdapat pada baju dan sebagainya) 3. Tempat membawa sesuatu (belanjaan dan sebagainya) yang terbuat dari kain, plastik, kertas dan lain sebagainya.

Jadi Kantong Kertas artinya adalah tempat membawa sesuatu yang bahanya terbuat dari kertas dan bentuknya mirip seperi saku pada baju, dan ukuranya kebanyakan kecil.

Fungsi Kantong Kertas.

Kantong kertas berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk membawa, menaruh, menyimpan produk yang sifatnya bisa sementara dan jangka panjang tergantung dari kekuatan dan jenis kertas yang digunakan.

Kegunaan Kantong Kertas.

Kantong kertas digunakan untuk membawa produk diantaranya, sebagai tempat membawa dan menaruh Makanan, Gorengan, Roti, Snack, Burger, Dogonat, Pizza, Hot Dog, Waffle. Seabagai tempat menaruh atau membwa dan menyimpan Uang, Baju, Kaos, Hijab, Produk Kosmetik, Produk Elektronik dan lain-lain.

Bahan Kantong Kertas

Kertas yang digunakan untuk membuat kantong bisa bermacam-macam dengan ciri-ciri ketebalan kertas masih bisa dilipat maka kertas tersebut bisa dibuat untuk kantong kertas, namun kebanyaka yang digunakan untuk membuat kantong kertas adalah jenis kertas dibwah ini.

Jenis kertas untuk membuat kantong kertas:

  • Bahan kantong kertas terdiri dari:
  • Kertas HVS
  • Kertas Kraft Coklat
  • Kertas Kraft Putih
  • Kertas Samson
  • Kertas Ivory
  • kertas Duplex
  • Kertas Greaseproof
  • Kertas Irzat
  • Kertas Metal
  • dll

Jenis Kantong Kertas

Jenis kantong kertas sebenarnya sangat fleksibel tergantung dari tujuan penggunaan kantong tersebut, namun menurut kami (KantongKertas.co.id)  ada 2 jenis kantong kertas yang umum beredar dimasyarakat, yaitu:

  1. Kantong Kertas biasa
  2. Kantong Keratas Food Grade

Kantong Kertas biasa, sering digunakan untuk menempatkan atau membawa produk-produk yang sifatnya tidak dikonsumsi tetapi kantong jenis ini tetap harus higienis.

Kantong Kertas Food Grade sering digunakan untuk menaruh atau membawa makanan atau minuman, karena makanan ini akan dikonsumsi oleh manusia maka jenis kertas yang digunakan untuk membuat kantong kertas jenis foodgrade ini harus layak jika digunakan untuk menempatkan makanan.

Jenis Kertas foodgrade

Jenis kertas Food Grade adalah jenis kertas yang tidak mengandung zat kimi dan logam berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia jika bersentuhan dengan makanan artinya jenis kertas ini tidak mentransfer zat-zat yang berbahaya bagi makanan yang tersentuh.

Jenis kertas Food Grade harus mendapat pengakuan melalui uji laboratorium oleh Lemabag atau badan yang terkait dengan kesehatan, di Amerika Serikat Lembaga yang berhak mengeluarkan sertifikat Food Grade adalah Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, dan di Indonesia jenis kertas yang masuk ke dalam golongan Food Grade harus mendapatkan sertifikat dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), selain itu ada juga perusahaan-perusahaan yang konsen terhadap sertifikasi dan kelayakan suatu produk atau barang misalnya SGS, ISEGA, Intertek, Sucofindo dll.

Nama Kertas yang masuk kategori Food Grade

  • Grease Proof